Perpustakaan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Kota Batam Yang Ramah Anak

by - 3:29 PM


Banyak yang belum tahu adanya Perpustakaan Daerah Provinsi Kepulauan Riau di tengah kota Batam. Awal tahu perpustakaan daerah ini dari blognya sahabat saya Mbak Monique yang juga menceritakan pengalamannya mengunjungi perpustakaan daerah ini bersama kedua anaknya. Dari foto-foto yang beliau share, nampak perpustakaan ini sangat ramah anak. Saya penasaran dan ingin sekali membawa anak-anak mengunjungi perpustakaan daerah ini.

Alhamdulillah, pagi tadi kami sekeluarga bisa mampir ke Perpustakaan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Kota Batam yang letaknya di perumahan KDA Batam Centre ini. Bahagianya Aal ketika dia berkunjung ke perpustakaan lagi. Baca juga: Berkunjung ke Perpusakaan Umum di Mesjid Jabal Arafah.

Pertama kali masuk ke gedung ini, kami disambut hangat oleh para petugas perpustakaan. "Silahkan, Bu. Isi buku tamunya dulu ya, Bu.. Di sana juga ada ruang bermain untuk anak-anaknya ya, Bu." begitu sapanya dengan senyum ramah. Baru di depan pintu saja sudah merasa nyaman. Anak-anak sudah berlari ke arah rak buku dan sofa yang tersusun setengah lingkaran di tengah ruangan. Ternyata di sini tempatnya buku anak-anak. Sofanya pun ramah anak, tidak terlalu tinggi sehingga anak-anak bisa naik dan turun tanpa khawatir terjatuh.

Maryam asyik banget, seneng karena sofanya rendah.

Aal dan Maryam memilih buku bacaan yang mereka inginkan. Sangat banyak macam buku bacaan untuk anak, mulai dari buku cerita dongeng, buku sains untuk anak, dan buku serial edukatif, dan lainnya. Rasanya ingin saya bawa pulang untuk dibaca sampai tuntas. Hehehe.

Salah satu buku yang Aal suka dan pengen dibawa pulang.
Aal membaca buku cerita bersama Abi, Uminya foto-foto doang. Mumpung ada Abi..

Di sebelah ruangan baca anak, ada ruangan bermain anak. Ruangannya tertutup berpintu kaca, cukup luas dengan karpet puzzle yang colourful, dan sejuk ber-AC yang membuat ruangan bermain ini semakin nyaman. Yang membuat saya mendadak cinta sama tempat ini, koleksi mainan edukatifnya yang banyaak sekali. Mayoritas mainan-mainan yang terbuat dari kayu itu, lho. Ya ampun, saya gemeess melihat mainan kayu sebanyak ini, rasanya ingin sekali memindahkan ruangan ini ke rumah. Hehehe.

Surganya anak-anak, pada mondar mandir bingung mau ambil yang mana duluan, hehe.

Serunyaa, anak senang, mamak apalagi!

Tidak hanya untuk anak-anak, banyak juga koleksi buku-buku untuk dewasa di lantai 2 gedung perpustakaan daerah ini. Menurut petugas perpustakaan, di lantai 2 ada buku novel, psikologi, kedokteran, hukum, dan lain sebagainya. Sayangnya saya belum sempat berjalan-jalan sampai ke lantai 2 karena anak-anak betah banget di ruang bermainnya, sampai susah untuk diajak pulang.

Naksir sama mainan-mainan kayu edukatifnya!

Perpustakaan daerah ini juga mempunyai satu aula yang bisa digunakan untuk acara-acara seperti seminar, workshop, rapat, atau lainnya. Aula ini berkapasitas kurang lebih 30an orang, sudah tersedia meja ditengah ruangan berserta kursinya. Ada panggung di bagian depan aula, ruangan ber-AC dan tambahan kursi kurang lebih 20an.

Aula yang sudah lengkap dengan meja dan kursinya.

Untuk memakai aula tersebut, cukup mengantarkan surat peminjaman ruangan ke gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Kota Batam minimal 1 minggu sebelum tanggal pemakaian. Pemakaian aula ini tidak dipungut biaya alias gratis, kita cukup memberi uang untuk petugas kebersihan saja secara suka rela.

Jika ingin berkunjung ke sini sangat mudah. Kita masuk ke dalam perumahan KDA, lurus saja dan nanti akan terlihat gedung perpustakaan daerahnya. Bisa juga search location di Google Map dengan keyword "Perpustakaan Daerah Kepri" dan ikuti petunjuk jalan yang diarahkan oleh Google Map.

Tampak depan gedung perpustakaan daerah.

Lokasi perpustakaan daerah di Google Map.

Ayo, kita ke perpustakaam daerah! Ajak anak-anak, keponakan, atau saudara karena perpustakaan daerah ini sangat ramah anak. InsyaAllah saya dan keluarga akan datang lagi ke sini di lain waktu.

Bagi yang mau kesini..

Yuk, kita ramaikan perpustakaan daerah! Kita pupuk kembali minat membaca anak-anak sambil bermain mainan yang edukatif. Jangan lupa untuk mendampingi anak-anak, menjaga kebersihan, menjaga buku dan mainan agar tetap dipakai sebagaimana mestinya. :)

You May Also Like

13 comments

  1. Baca reviewnya makin menggebu utk datang.
    Besok aku kesiniii
    Wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Ini masuk dari arah uniba lebih dekat ya jul. Dekat sd muhamadiah itu ya

    ReplyDelete
  3. Wah, bagus yah umi ada tempat bermain anaknya. Jadi kalo yang punya anak nggak perlu khawatir anaknya bakalan rewel dan orang tuanya bisa tenang baca buku.

    ReplyDelete
  4. Wah KDA ya, ini sih deket perumahan tanteku, Cendana. Bagus dan asyik nih. Semoga punya kesempatan berkunjung ke Batam lagi dan bisa main ke Perpus ini :))

    ReplyDelete
  5. Jatuh cinta sama artikel ini. Perpustakaannya juga keren banget ada mainan edukatif untuk anak. Ternyata masih ada yang memperkenalkan anak membaca sekak dini.

    ReplyDelete
  6. Wuiih udah jadi ya?.. Lama ga update ama ini Pusda. Nyaman banget juga di dalam ternyata ya.. ramah buat anak.. keren.

    Oh ya, kode bukunya jelaskah? Maksudnya dibedain konter nggak antara buku ilmiah, fiksi, non fiksi, sastra, dan anak-anak?

    ReplyDelete
  7. Sayang yah, sabtu minggu tutup, huhuhu...

    ReplyDelete
  8. Sudah lama tau dan sudah lama ingin berkunjung. Sampai googling dan telepon mereka tanya jam buka. Apa daya jamnya buka hanya jam kerja. Weekend ga buka juga. Bye bye deh

    ReplyDelete
  9. Wah, kalau gini sih, bapak ibunya bisa baca-baca, anak-anak juga bisa ikutan baca atau kalau bosen bisa main-main tanpa harus memisahkan bapak ibunya dari perpustakaan.

    Sudah selayaknya ya perpustakaan ramah anak, anak harus sejak dini diperkenalkan dengan budaya membaca, bukannya budaya game online xD

    ReplyDelete