5 Hal Sepele Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan

by - 4:50 PM


5 Hal sepele ini ternyata mempengaruhi kesuburan - Bagi pasangan yang menikah, memiliki momongan adalah impian terbesar dan tak bisa digantikan dengan keinginan apapun.  Namun tidak semua pasangan bisa langsung segera memiliki keturunan karena beberapa faktor. Tentu banyak yang bertanya bagaimana cara agar cepat hamil meski masing-masing merasa tidak ada masalah dalam hubungan seksual maupun kehidupan rumah tangga. Tapi ternyata jika ditelusuri lebih jauh, ada faktor yang berpengaruh besar sebelum proses kehamilan itu terjadi,  yaitu masa subur. Ada beberapa hal sepele yang mempengaruhi kesuburan setiap orang. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini, karena merasa tidak akan berpengaruh terhadap sulitnya memiliki keturunan. Buat kamu yang sedang  mengalami hal ini, tentu beberapa hal sepele ini mungkin jadi kebiasaanmu dan membuat kamu jadi sulit memiliki keturunan. Silahkan disimak, yaa..

1. Merokok

Banyak yang belum menyadari bahwa rokok bisa mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita. Terkadang seseorang merasa merokok tidak mempengaruhi kesuburan karena melihat yang lain  juga merokok namun tetap bisa punya anak dengan mudah. Tapi tentu saja perlu dipahami jika efek merokok pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang mempengaruhi jantung, namun ada juga yang mempengaruhi alat reproduksi dan kesuburan. Merokok dapat menyebabkan saluran falopi tersumbat dan perjalanan sperma ke sel telur bisa terhambat. Ditambah lagi efek rokok mampu menurunkan kualitas sperma sehingga sperma tak mampu mencapai sel telur saat proses pembuahan. Maka dari itu jika kamu saat ini adalah seorang perokok, mulailah hentikan kebiasaan ini untuk membuat alat reproduksi bekerja dengan baik dan memudahkan usahamu  dalam mendapatkan keturunan.

2. Kelebihan berat badan

Tak banyak yang tahu jika kelebihan berat badan ternyata mampu mempengaruhi kesuburan terutama pada wanita. Riset telah membuktikan jika kegemukan mampu menurunkan kesuburan hingga 4 persen. Hal ini diakibatkan dari timbunan lemak yang mempengaruhi produksi hormone Estrogren sehingga ovulasi jadi tidak teratur. Rutin berolah raga and menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu cara agar cepat hamil yang bisa kamu lakukan dengan langkah sederhana namun memberikan efek yang cukup besar

3. Perhatikan masa subur

Berhubungan seks rutin bersama pasangan tentu tidak serta merta menjamin bahwa kehamilan akan segera tiba. Kamu perlu menghitung masa subur agar hubungan seksual yang dilakukan benar-benar membuat sperma dapat membuahi sel telur. Perhatikan masa subur dan siklus haid sehingga hubungan seksual tidak harus sesering mungkin namun tetap pada porsinya namun pembuahan dan terjadi di waktu yang tepat.

4. Harmonis setiap saat

Jika kamu merasa keintiman bersama pasangan hanya berada di atas ranjang, tentu esensi dari pernikahan dan kehamilan terlalu sempit. Bisa jadi sulitnya hamil dikarenakan pasangan tidak merasa romantis di kehidupan sehari-hari. Riset membuktikan jika hubungan harmonis pasangan dijaga tentu akan menaikkan hormone seks dan memberi dampak positif bagi kesuburan. Kamu tak perlu mencari cara agar cepat hamil lagi karena sebenarnya caranya adalah dengan membuat hubungan dengan pasangan lebih harmonis lagi. Hamil bukan hanya soal bagaimana berhubungan seksual tapi juga bagaimana membangun hubungan harmonis bersama pasangan.

5. Konsultasi medis

Masalah kesuburan terkadang tak bisa diidentifikasi dari luar saja. Sehingga jika ini terjadi, kamu harus berkonsultasi dengan dokter tentang cara agar cepat hamil yang tepat meski kamu dan pasangan sudah melakukan berbagai usaha. Periksakan kesuburan alat reproduksi karena hal ini hanya bisa diketahui lewat tindakan medis. Tentunya setiap orang atau pasangan pasti mempunyai masalah masing-masing. Lebih baik cepat diketahui dan ditangani dengan tepat agar alat reproduksi bisa kembali normal.

Itulah 5 hal sepele yang ternyata bisa mempengaruhi kesuburan. Dari 5 hal di atas, adakah yang sedang kamu alami? Bagaimanapun, tetaplah berusaha semaksimal mungkin. Semoga Allah segera memberikan keturunan kepada pasangan yang sedang menanti kehamilan, ya.. Aamiin :)

You May Also Like

1 comments

  1. Thanks umi, justru masalah yang sepele ini sering terabaikan yaa...

    ReplyDelete