Rumbel Reborn Komunitas Ibu Profesional Batam, Selalu Sukses Dengan Konsep Less Waste

by - 4:39 PM


Rumbel Reborn Komunitas Ibu Profesional Batam, Selalu Sukses Dengan Konsep Less Waste - Di penghujung bulan Nopember 2019 kemarin, Komunitas Ibu Profesional Batam melahirkan kembali Rumah Belajar (Rumbel) dengan formasi yang baru. Rumbel yang dipersembahkan oleh Komunitas IP Batam antara lain, Qur'an Learning Center, Rumbel Green, Barelang Playdate, Rumah Belajar Menulis, Rumah Belajar Craft & Sew, dan Rumah Belajar Memasak.


Spesial untuk Rumbel Green, rumbel ini adalah rumbel yang baru di Komunitas IP Batam. Di sini wadahnya para ibu atau member IP Batam belajar tentang gaya hidup minim sampah yang pastinya akan berdampak besar, baik untuk kehidupan sendiri hingga lingkungan sekitar.

Saya selalu bangga, karena Komunitas IP Batam selalu konsisten memegang konsep less waste atau minim sampah di setiap acaranya. Termasuk di acara Rumbel Reborn kali ini. Inilah pergerakan sederhana dari para emak-emak pembelajar yang ingin tetap menjaga kelestarian lingkungan dan bumi dari sampah-sampah yang sulit terurai oleh bumi.

Backdropnya unik, dong.

Tidak ada penggunaan plastik di sana, sedotan plastik, dan sampah-sampah lainnya yang sulit terurai lainnya. Air mineral disediakan dalam bentuk galon dan bebas isi ulang seperlunya, snack box diganti dengan daun pisang, name tag menggunakan daun, goodie bag menggunakan tas kain, spanduk diganti dengan kain polos dengan kreasi dedunan sebagai tulisannya.

Name tag dari daun.

Goodie bag dan nomor urut member berdasarkan urutan kehadiran.

Snack box dari daun pisang.

Rumbel Green IP Batam juga berpartisipasi mengumpulkan sikat gigi bekas bersama Pepsodent dan National Geographic Indonesia. Sikat gigi bersih ini nantinya bisa diolah kembali menjadi meja lipat untuk anak-anak kurang beruntung. MasyaAllah, ternyata sikat gigi bekas bisa diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.


Sikat gigi bekas yang dikumpulkan oleh para member.

Dan tahukah teman-teman? Ternyata, sampah sikat gigi bekas yang berbahan plastik itu baru bisa terurai di bumi setelah 300an tahun.  Apa kabar sampah-sampah sikat gigi bekas kami selama ini? Dimanakah mereka berada? :(

Virus baik seperti ini memang harus disebar, gaya hidup less waste ini memang harus diceritakan. Agar orang tahu bahwa kita bisa kok hidup dengan minim sampah, kita bisa kok mengganti sampah plastik dengan bahan lain yang lebih aman, dan kita bisa kok ngadain acara besar dengan minim sampah. IP Batam selalu berhasil membuktikan itu! Dan saya bangga!

Acara Rumbel Reborn Komunitas IP Batam tersebut juga menjadi ajang silaturahmi para member IP Batam. Banyak teman-teman member yang sudah lama tidak berjumpa, banyak juga teman-teman yang baru bergabung menjadi member. Di sinilah saatnya kami saling bersua dan berkenalan satu sama lainnya. Senang sekali.

Acara dimeriahkan juga oleh kuis-kuis seru berhadiah menarik dari sponsor-sponsor yang bersedia mendukung acara ini. Saya juga dapat hadiah, dong. Hadiahnya sebuah tas cantik bertulisan Ibu Profesional Batam Cinta Bumi. Saya dapat hadiah bukan karena kuis, tapi karena datang tepat waktu.

Yes, IP Batam juga menghimbau kepada para member agar membudayakan OTW alias Ok Tepat Waktu! Bukan hanya bilang OTW (on the way) tapi nyatanya nggak nyampe-nyampe, hehe. Hayo, siapa yang suka begini?

12 peserta yang datang pertama, mendapatkan hadiah sebuah tas cantik dari IP Batam.

Banyak hal-hal "wah" yang saya dapatkan dari acara Rumbel Reborn kemarin, banyak teman baru yang saya kenal, banyak ilmu tentang less waste atau gaya hidup minim sampah yang saya dapatkan saat sesi sharing bersama Mbak Erli, Leader Komunitas IP Batam.

Saya sendiri juga masih belajar untuk bisa merubah gaya hidup agar lebih peduli dengan lingkungan. Memang tidak mudah, tapi kita pasti bisa kok. Pelan-pelan, berproses. Sekecil apapun usaha kita untuk hidup minim sampah, percayalah itu berdampak baik bagi kita, lingkungan kita dan bumi kita.

Bukankah suatu hal yang besar itu bermula dari hal yang kecil?

Terima kasih Komunitas IP Batam yang selalu menginspirasi, terima kasih juga kepada teman-teman yang selalu sedia berbagi dan menyuarakan kebiasaan baik. Selamat kepada Mbak Putri, sebagai penanggung jawab Rumbel Green, rumbel baru di IP Batam.

Tetap semangat menebar manfaat, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Foto bersama. Fotonya kurang bagus karena nggak ada saya. Hehe. :P

Siapa yang tertarik bergabung menjadi member Komunitas Ibu Profesional Batam? Ikuti terus infonya di Instagram @ibuprofesional.batam, kunjungi juga blognya IP Batam ibuprofesionalbatam.blogspot.com.

You May Also Like

6 comments

  1. Virus baik memang harus selalu disebarkan dan ditularkan ya Jul. Lepas deh rindu ketemu Juli kemarin. Sayang Genk rumpi ga sempat foto- foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya uchannn...
      Iya lupa foto yaaa..
      Berarti hrs meet up lagiii...

      Delete