Membuat Logo Menarik untuk Bisnis, Kenali Jenis-jenisnya

by - 12:03 PM

Membuat logo

Membuat Logo Menarik untuk Bisnis, Kenali Jenis-jenisnya - Membuat logo bagi sebuah perusahaan mempunyai makna tertentu yang dapat menunjukkan visi dan misi perusahaan tersebut. Bahkan, logo turut berperan penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Selain itu, logo juga sebagai alat pembeda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Dengan alasan-alasan tersebut, maka setiap perusahaan perlu memiliki logo unik yang berbeda dengan logo yang sudah pernah ada.

Pesatnya persaingan bisnis dan ekonomi di suatu negara mendorong setiap perusahaan agar dapat menguasai pasar secara maksimal.

Segala cara dilakukan agar bisa melakukan pendekatan dan promosi yang baik kepada calon konsumen. Maka dari itu, setiap perusahaan membuat logo sebagai identitas produk yang ditawarkan.

Hadirnya perusahaan baru juga memberi dampak pada variasi logo saat ini. Tak heran, jasa desain grafis pada akhirnya mengambil alih untuk memberikan ide  pemikiran dalam membuat logo bagi perusahaan baru tersebut.

Startup Sribu misalnya, demi mewujudkan permintaan terhadap logo suatu perusahaan, Sribu memiliki setidaknya 16.000 desain logo.
Dalam memberikan layanan membuat logo, Sribu telah meningkatkan jumlah desain sebanyak 35% dari tahun sebelumnya.

Dengan begitu banyak desain logo, maka hadirlah beberapa jenis logo yang dapat dibuat. Berikut ini, Sribu akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis logo beserta contohnya.

Logo Wordmark
Logo Wordmark merupakan logo yang tersusun atas unsur teks berupa nama perusahaan sebagai tanda pengenalnya.
Ciri dari logo wordmark tidak menambahkan ornamen berupa simbol atau gambar-gambar lainnya.

Logo Wordmark sangat terpengaruh oleh pemilihan font, warna, dan space. Contoh logo Wordmark antara lain Fedex, Facebook, Coca Cola, dan lain sebagainya.

Logo Pictorial Mark
Logo Pictorial Mark merupakan logo yang tersusun atas simbol atau gambar yang unik yang berkaitan identitas perusahaan.

Dalam logo jenis ini, unsur teks terkadang ditambahkan hanya sekedar untuk nama perusahaan saja sebagai elemen pendukungnya.

Contoh Logo Pictorial Mark antara lain, Lacoste, Windows 10, Puma, dan Apple.

Logo Abstract Mark
Logo Abstract Mark merupakan logo yang mengedepankan unsur bentuk-bentuk atau simbol-simbol yang abstrak dalam menyampaikan filosofi perusahaan.

Contoh Logo Abstract Mark antara lain Nike, Adidas, Mitsubishi, Pertamina, dan lain sebagainya.

Logo Letter Form
Logo Letter Form merupakan logo yang dibuat dengan unsur satu atau dua huruf inisial perusahaan yang sudah dibentuk sedemikian rupa sebagai elemen utama.

Pada Logo Letter Form bisa ditambahkan gambar/bentuk lain sebagai elemen pendukungnya. Contoh Logo Letter Form antara lain Unilever, HP, Suzuki, dan lain sebagainya.

Emblem Logo

Sribu

Emblem Logo merupakan jenis logo yang menggunakan shield sebagai unsur dasar logonya.

Emblem logo banyak ditemukan pada logo klub-klub sepakbola dan perusahaan otomotif.  Meskipun dalam membuat logo ini akan tampak kekurangan dalam hal aplikatif, namun secara tampilan logo ini memiliki detail yang lebih menarik dan terlihat eksklusif.

Contoh Emblem logo antara lain Lamborghini, Barcelona FC, Chelsea FC, BMW, Jaguar, dan lain sebagainya.

Logo Mascot
Logo Maskot merupakan jenis logo ini menggunakan maskot sebagai elemen utamanya.  Membuat logo maskot dan mengaplikasikannya ke beberapa media terbilang cukup susah. Namun, logo maskot lebih banyak disukai orang-orang karena keunikannya.

Perusahaan yang menggunakan logo maskot akan lebih mudah dikenali. Beberapa contoh logo maskot antara lain KFC, Michelin, Hoka-Hoka Bento, dan lain sebagainya.

Web 2.0 Logo
Web 2.0 Logo merupakan jenis logo dengan efek emboss sehingga terdapat efek timbul (3D). Dalam membuat logo jenis ini harus memperhatikan kesan futuristik. Web 2.0 Logo digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menggunakan website/aplikasi sebagai jasanya. Contoh Web 2.0 Logo antara lain Wikipedia, Youtube, Opera, Skype, dan lain sebagainya.

***

Dan itulah tadi jenis-jenis logo yang harus Anda ketahui sebelum membuat logo perusahaan Anda. Mendesain dan membuat logo sendiri apalagi dilakukan secara manual merupakan pekerjaan yang sulit. Maka dari itu, sangat disarankan untuk perusahaan Anda mengandalkan jasa desain grafis dalam membuat logo.

Sribu merupakan startup dalam bidang desain grafis yang memberikan banyak pilihan desain untuk membuat logo bagi perusahaan Anda.
Sribu memiliki lebih dari 16.000 desain logo dari berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan identitas perusahaan Anda.

You May Also Like

0 comments