Jangan Gengsi! Ini Manfaat Mengungkapkan Rasa Sayang Kepada Anak

by - 5:08 PM


Jangan Gengsi! Ini Manfaat Mengungkapkan Rasa Sayang Kepada Anak - Hallo, Bun... Hari ini sudah mengungkapkan rasa sayang ke anak belum? Kalau belum, bilang gih... Hehe.

Banyak orang tua yang merasa gengsi untuk mengungkapkan rasa sayangnya terhadap anak. Ada juga yang merasa nggak perlu lagi mengungkapkannya, "Ah, nggak perlu diucapkan, udah tau lah dia pasti. Orang saya masakin tiap hari, mandiin tiap hari, disuapin lagi!"

Lucunya, pas lagi marah sama anak tiba-tiba bilang, "Mama tu marah karena sayang sama kamu!" Nah, loh... Hehehe. Nggak tepat dong kalau menegaskan bahwa kemarahan kita adalah tanda sayang kepada mereka. Harusnya, saat mengungkapkan rasa sayang yaa dengan cara yang manis, bukan dengan marah-marah.

Sebenarnya ya, kebiasaan mengungkapkan rasa sayang kita ke anak itu kelak akan berdampak ke kitanya juga, loh... Iya, kalau kitanya gengsi, nanti anak juga akan gengsi menyatakan perasaannya terhadap kita. Ntar baper, ntar ngiri, waktu melihat anak tetangga dengan santai meluk ibunya sambil bilang, "Aaaah, aku sayang mama..."

Makanya nih, kebiasaan-kebiasaan gini kan harus dipupuk sejak kecil. Kita dulu yang memperlakukan mereka dengan manis, sehingga mereka pun terbiasa dan juga bisa bersikap manis sampai mereka dewasa nanti. Siapa yang nggak pengen kan, Bun?

Bagi bunda yang punya anak laki-laki, nah, coba deh biasakan.. Biasakan pegang tangan anak saat jalan, biasakan mengungkapkan rasa sayang kita, biasakan menyatakan rasa rindu, dan perasaan lainnya seperti bangga atau bahagia.

Biar apa? Biar anak lelaki kita terbiasa mengekspresikan rasa hatinya kepada orang-orang yang ia sayang. Bukan hanya untuk kita, ibunya, tetapi juga untuk istri dan anak-anaknya kelak.

Kebanggaan seorang ibu itu bukan hanya terletak pada seberapa sukses anak laki-lakinya dalam berkarier, tetapi juga seberapa sukses anak laki-lakinya menjadi suami dan ayah yang bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya.

Bagaimana dengan bapack-bapack, nih? Bapack-bapack perlu juga nggak sih mengungkapkan rasa sayang terhadap anaknya? Atau nggak perlu lah, gengsi juga, "Ayah kerja dari pagi sampai tengah malam yaa karena sayang sama kamu." Nggak cukup, Packk!

Cobalah, ungkapkan saja perasaan bapack terhadap anak setiap hari, hilangkan gengsi saat berada di hadapan orang-orang terkasih, "Ayah berangkat kerja dulu ya, nak... Ayah sayang banget sama kamu, kamu bersikap baik di sekolah yaa.." Dan lihat deh perubahan baik yang bakalan terjadi pada anak jika kita (orang tua) sering mengungkapkan perasaan kita terhadap mereka. (Jangan lupa ke bini juga yaa, Pack... Hihihi.)

Nah, sebenarnya apa aja sih manfaat mengungkapkan perasaan kita terhadap anak?

Surat cinta dari Aal ❤️

Surat cinta dari Maryam ❤️

Ini Manfaat Mengungkapkan Rasa Sayang Kepada Anak

1. Anak merasa berharga & percaya diri

Penting sekali agar anak merasa bahwa dirinya berharga dan diterima. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Namanya anak-anak, mereka belum mengerti dengan apa yang orang tuanya perjuangkan tanpa diberi tahu atau disampaikan. Yang dia tau, ayahnya selalu sibuk bekerja, atau ibunya selalu marah-marah. Sehingga ia merasa tidak disayang atau merasa dirinya tidak berharga sebagai seorang anak.

2. Mengajarkan anak untuk menyampaikan isi hati

Kalau sayang, bilang sayang. Kalau bahagia, bilang bahagia. Bahkan kalau sedih, ya bilang sedih. Ajarkan anak-anak terbiasa menyampaikan isi hati dan perasaannya, jangan memendam.

3. Menenangkan anak dan menghindari depresi pada anak

Jika anak tidak terbiasa menyampaikan isi hati dan perasaannya alias memendam, maka anak bisa tumbuh menjadi anak yang tidak bahagia, depresi atau stres. Jika anak sampai depresi, tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang dan pencapaiannya.

4. Menumbuhkan rasa sayang anak kepada orang tua

Ketika anak mendengar ungkapan rasa sayang orang tua terhadapnya, pastilah anak akan merasa semakin sayang dengan orang tuanya. Hubungan antar orang tua dan anak pun menjadi sangat baik, komunikasi lancar, sehingga akan mempermudah orang tua untuk terus membimbingnya.

Itu dia manfaat mengungkapkan rasa sayang kepada anak, barangkali ada yang mau menambahkan boleh di kolom komentar, yaa..

Mulai sekarang, yuk belajar hilangkan rasa gengsi di hadapan orang tersayang. Seberapapun usia anak kita, sampaikan saja perasaan kita padanya, betapa kita sangat menyayanginya. Sampaikan rasa sayang itu setiap hari.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk yang membaca, dan juga untuk saya yang menuliskannya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir.. :)

You May Also Like

0 comments