Pengalaman Anak Ikut Lomba Mewarnai: Kalah Tak Mengapa, Asal Kita Mau Mencoba

by - 9:24 PM


Pengalaman Anak Ikut Lomba Mewarnai: Kalah Tak Mengapa, Asal Kita Mau Mencoba - Sudah lama Al-Fatih/Aal (anak pertama saya) ingin mengikuti lomba mewarnai, dan selama itu pula keinginannya belum juga tercapai. Akhirnyaa, hari Minggu lalu (09/12/2018) keinginannya selama ini untuk bisa mengikuti lomba mewarnai terwujud juga. Senangnya dia.. Dengan semangat membara dia tunjukkan brosur lomba mewarnai yang diadakan oleh Indomaret yang baru saja buka di dekat rumah kami.

Hari demi hari dia hitung, menunggu tanggal 9 Desember itu tiba. Tak sabar dia ingin mengikuti lomba. Sampai-sampai dia berimajinasi, "Umi, nanti Aal mewarnai dengan kekuatan super. Jadi Aal siap duluan, dan Aal menang!" Saya menanggapinya dengan suara yang tak kalah semangat, "Wah! Keren... Aal pasti bisa mewarnai dengan baik dan benar!" MasyaAllah.

Hari yang ditunggu pun tiba. Acara lomba mewarnai dimulai jam 9 pagi. Saya bangunkan dia yang masih tidur jam 7 pagi.

"Sayang, ayo bangun! Mandi dan sarapan, yuk.  Jam 9 Aal lomba mewarnai.."

Tak banyak drama, dia bangun dan bersiap untuk mandi. Saya sudah menyiapkan sarapan pagi untuk Aal dan adiknya, Maryam. Kami sarapan pagi bersama. Saya beri waktu mereka makan pagi selama 30 menit, jam 08.30 sudah harus bersiap keluar dari rumah untuk mengikuti lomba.

Huuhh, Maryam juga sangat bersemangat. Dia tak kalah sibuk mempersiapkan diri, seakan-akan dia juga mengikuti lomba mewarnai. Beberapa pensil warna dia masukkan ke dalam kotak pensil miliknya, meniru Mamasnya yang juga sedang mengemas peralatan mewarnainya. Senangnya melihat mereka semangat seperti itu, saya juga jadi ikutan semangat. Hehehe.

Aal yang menunggu waktu lomba mewarnai dimulai.
Tidak sampai 5 menit, kami tiba di Indomaret, lokasi lomba mewarnai. Belum banyak anak-anak yang sudah datang, masih lega untuk kami mencarikan Aal tempat duduk dan meletakkan meja lipatnya. Lama kelamaan, anak-anak mulai berdatangan dan ramai sekali. Anak-anak duduk sesuai kategori sekolahnya, anak-anak TK di sebelah kanan dan anak-anak yang sudah SD di sebelah kiri. Aal duduk di bagian anak-anak TK karena sesuai denga usianya.

Beberapa menit habis untuk mengatur posisi duduk anak-anak. Maklum, ngatur bocah memang butuh waktu yang ekstra. Hehehe. Setelah anak-anak duduk dengan rapi, panitia memberikan kertas bergambar karakter Indomaret (Si Domar) dan Doraemon yang akan diwarnai oleh anak-anak nantinya. Panitia memandu anak-anak untuk mengisi data dirinya yaitu nama, usia dan sekolah.

Ada yang menarik dan lucu saat saya melihat Aal menulis data dirinya.


Nama: Aal
Usia: 4
Sekolah: Aal - Scol

Anak-anak mengangkat kertas yang sudah diisi data diri, sesaat lagi lomba akan dimulai.
Sontak saya tertawa, lucu tapi jawabannya cerdas. Dia memang belum sekolah di sekolahan umum, tapi dia sudah sekolah di rumah yang sering kami sebut Al-Fatih School.

Kembali ke cerita tentang lomba mewarnainya...

Anak-anak mulai berkreasi dan orang tua tidak lupa mengambil gambar.
Akhirnya lomba dimulai. Panitia memberi waktu kurang lebih 90 menit untuk anak-anak menyelesaikan kreativitas mewarnainya. Ada beberapa syarat wajib yang harus anak-anak penuhi jika ingin memenangkan lomba, yaitu warna karakter Indomaret yang bernama Si Domar tidak boleh salah, warna logo Indomaret juga tidak boleh salah, kertas harus full color, dan anak-anak tidak boleh dibantu oleh orang tuanya.

Dengan ekspresi polos, beberapa anak tampak mengerti saat panitia menyampaikan aturan lomba, beberapa anak tampak tidak memperhatikan panitia yang berbicara, ada juga anak lainnya sibuk bercanda dengan teman sebelahnya, dan Aal tampak mengangguk-angguk seolah-olah mengerti. Saya hanya tersenyum, saya berusaha tidak ikut campur sama sekali. Saya ingin melihat Aal berjuang sendiri, saya ingin mengukur kemampuannya dalam menerima instruksi dan melaksanakannya.

Mamak-mamaknya menyemangati anak-anaknya. Mamaknya Aal aja yang sibuk moto kesana kemari.

Jeng..jeng! Perlombaan dimulai. Anak-anak tampak semangat mewarnai. Mereka yang mengerti instruksi bolak balik melihat contoh warna Si Domar dan logo Indomaret yang terpampang di backdrop acara, mereka menyesuaikan warnanya agar tidak salah. Aal pun begitu, dia melihat warna Si Domar dan mewarnainya sesuai yang warna yang ada di backdrop. Sejauh itu saya melihat Aal sangat keren!

Ciee..yang lagi serius..

Beberapa menit berlalu, rasanya belum sampai satu jam. Aal mulai tampak bosan. Dia berdiri, dia melihat beberapa teman di sekitarnya, dia melihat ke arah saya dan tertawa ketika melihat adiknya. Maryam pun beberapa kali memanggil Mamasnya, mungkin dia heran Mamasnya sedang apa di sana bersama banyak anak-anak lainnya. "Mamas....ayo, sini!" Teriak Maryam ketika Aal sedang mewarnai, kemudian dibalas senyuman oleh Aal.

Termenung, wajah mulai bosan.

Di tengah jalan, Aal mungkin sudah tidak tahan lagi. Dia ingin mengakhiri perlombaan ini. Dia resah, bediri beberapa kali. Saya khawatir dia mengganggu teman sebelahnya. Gawat, mamaknya bisa kesal karena anaknya yang lagi serius mewarnai jadi terganggu karena Aal yang sudah bosan. Wkwkk.

Akhirnya saya bertanya, "Kenapa, Sayang? Udah?"

"Udahlah, Mi... Udah siap Aal." Jawabnya.

"Lho, kata oomnya kan, harus full color." Saya coba membujuknya untuk tetap melanjutkan perjuangan.

"Udahlah, Mi.." Jawabnya lagi. Baiklah, perjuanganmu selesai sampai di sini. Saya memanggil panitia. Saya suka respon panitianya yang santai dan tetap memuji kreativitas Aal, meskipun belum full color seperti yang diinstruksikan. Aal tersenyum lega, dia telah selesai berjuang, ketika teman-temannya masih terus berjuang.
Aal berfoto dengan hasil mewarnainya sebelum menyerahkan hasil mewarnainya ke panitia.

Anak-anak lainnya yang masih berusaha berjuang
Yaa, tidak apa-apa, passion masing-masing anak berbeda. Mungkin passion Aal bukan pada berkreasi dengan aneka warna, atau mungkin dia masih harus berlatih lagi agar bisa lebih berkreasi dengan warna. Kita lihat saja nanti. Apapun itu, yang penting dia menyukai dan menikmatinya.

Saya sangat mengapresiasi dia yang berani ikut lomba, dia yang semangat ikut lomba. Apalagi, ini adalah pengalaman lomba mewarnai pertamanya. Saya dan suami mengizinkannya jajan di Indomaret, apa yang ia inginkan sebagai hadiah dari kami atas keberaniannya. Syukurnya dia hanya mengambil 1 bungkus ciki Taro untuk cemilannya. Selamat dompet mamak, untung dia nggak khilaf ngambil cemilan banyak. Wkwkwk.

Saat di kasir, dia melihat beberapa piala yang berbaris. Piala itu adalah hadiah untuk anak-anak yang memenangkan lomba mewarnai tadi. Renyuhnya hati saya ketika Aal berkata, "Umi, ini untuk siapa? Aal mau ini. "

"Sayang, ini piala untuk yang menang lomba. Menang lomba syaratnya ya harus mengikuti aturannya, Aal tadi belum menyelesaikan tugas mewarnainya sesuai aturan yang full color. Tapi nggak apa-apa, Aal belajar dulu, nanti kalau rajin belajar juga Aal akan bisa, InsyaAllah." Aal masih memandangi piala itu, dia ingin memegangnya tapi ragu.

"Om, boleh dipegang untuk foto?" Saya berinisiatif minta izin ke petugas kasirnya untuk meminjam pialanya dan berfoto, dan dia menginzinkannya.


"Pegang ini, Sayang. Foto dulu, suatu saat nanti Aal bisa dapat piala beneran." Aal tampak senang tapi malu-malu, hehehe. Saya pun mengabadikan moment itu di kamera smartphone saya.

Kalah hari ini tidak mengapa, Nak. Jalanmu masih panjang, jangan sedih kalau kamu belum bisa membawa piala itu pulang. Terus belajar, raih prestasi dari apapun yang kamu sukai. Bagi Umi dan Abi, Aal sudah menang. Menang karena sudah bersemangat, menang melawan rasa malas bangun tidur, menang karena mau mencoba.

Selamat yaa, Nakkk.... Tetap semangatt!!!

You May Also Like

12 comments

  1. Senang sekali jaman sekarang lebih banyak peluang bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya, seperti lomba-lomba ini. Dan para ibu juga sadar pentingnya menyalurkan bakat anak sesuai hobinya.

    ReplyDelete
  2. Tetap semangat ya buat Aal... Nanti ada lomba mewarnai lagi, pasti bisa termotivasi dari lomba ini.

    Mengajari anak, memang tidak perlu dipaksa banget. Apalagi masih TK.

    ReplyDelete
  3. Itu udah nampak tuh juara 1-nya, Mas.. hehehe. Semangat yaa mamas Aal. Lain kali pasti juara!

    ReplyDelete
  4. Jadi inget dulu pernah anterin ponakan ikutan lomba gambar pas jaman dia TK. Eh di tengah2 lomba dia kabur dari lokasi, sepertinya lelah melihat lingkungan nggak kondusif karena beberapa orang tua mulai masuk ke arena dan mendirect anaknya untuk mewarnai. duh mustinya lomba seperti ini ornag tua tetap jaga jarak biar anak bebas berekpresi

    ReplyDelete
  5. Semoga nanti Aal tetap mau belajar dan ikut lomba lagi. Biar semakin terasah kemampuan mewarnainya..

    ReplyDelete
  6. Wah keren ya kakak Al juara satu karena memperhatikan aturan ya...

    ReplyDelete
  7. Hebat Aal sudah berani ikut.... Kakak Azka dan Kenzie juga rajin ikut, walau sangat jarang menang... hehehehe.. Yang penting berani ya Bang, gak usah peduli menang or kalah...

    ReplyDelete
  8. Jalan Aal masih panjaaaaaaang, pakai banget. Ga papa sekarang belum menang, namanya juga ikut lomba pertama kali. Sekarang pegang piala buat cambuk, Aal pasti bisa jadi juara suatu hari nanti, aamiin.

    ReplyDelete
  9. tetap semangat ya buat Aal....anak kecil psikologisnya emang pingin menang kalo lomba

    ReplyDelete
  10. Kalah menang bukan alasan memang, yang penting anak kita berkembang dan dapat bersosialisasi. Mendapat pengalaman berharga ikutan lomba-lomba.

    ReplyDelete
  11. Anak saya juga suka bosan kalau ikut lomba mewarnai, Pas awal mau lomba semangatnya setengah mati...Biar saja sih...yang penting anak-anak bahagia.

    ReplyDelete
  12. Masih 4 tahun mbak, wajar masih ikut mood. Itu aja udh cukup warna warni kok. Ikut ikut lomba gini lumaysn menambah rasa percaya diri Aal:D

    ReplyDelete