Begini Cara Membasmi Rayap di Rumah Serta Pencegahannya

by - 10:50 AM


Cara membasmi rayap di rumah

Begini Cara Membasmi Rayap di Rumah Serta Pencegahannya - Apakah Anda menganggap rayap di rumah sebagai suatu permasalahan yang tidak terlalu serius? Jika iya, ubahlah pola pikir tersebut mulai dari sekarang. Rayap bisa saja membuat rumah Anda yang kokoh menjadi rapuh. Furnitur berharga bisa rusak, plafon rumah menjadi berbubuk, dan sebagainya. Rumah yang sudah disarangi rayap adalah rumah yang tidak sehat.

Cara membasmi rayap di rumah sebenarnya mudah saja dengan bahan-bahan yang alami. Namun, jika rumah Anda masih dalam kondisi sehat dan tidak ada rayapnya, maka upaya pencegahan merupakan hal yang penting. 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memperbaiki semua ubin rumah Anda yang rusak. Ini berguna untuk mencegah uap air masuk ke dalam rumah. Rumah yang mengandung banyak uap air akan menjadi lembab dan mengundang rayap.

Langkah kedua untuk mencegah munculnya rayap di rumah, bisa dengan memperbaiki serta mengatasi kebocoran pada pipa. Ini juga akan mengurangi kondisi lembab yang disukai rayap. Berikutnya, Anda juga harus membuang puing-puing kayu yang berdekatan dengan dinding rumah. Tumpukan ini bisa membuat rayap bersarang di dalamnya.

Selain itu, Anda juga harus menutup retakan dan celah yang ada di tembok rumah Anda. Ini berfungsi untuk mencegah rayap menyelinap masuk melalui retakan tersebut. Jika ada taman di rumah Anda, pastikan taman tersebut mempunyai akses yang jauh dari bangunan rumah. Ini berguna supaya akses rayap untuk masuk ke rumah bisa diminimalisir.

Itu dia beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan jika rumah Anda belum terserang rayap. Namun, jika rayap sudah berbondong-bondong merusak furnitur atau bagian lainnya, maka cara membasmi rayap di rumah ini wajib Anda ikuti.

Cari Dulu di Mana Sarang Rayap
Sebelum membasmi, tentunya Anda harus mencari dulu di mana rayap berada. Ini akan membuat upaya pembasmian Anda lebih efektif dan tidak salah sasaran. Ciri sarang rayap atau jika di situ ada rayap, bisa diketahui. Tanda-tandanya antara lain dengan munculnya rayap, ini jelas sekali bahwa di tempat tersebut pasti ada rayapnya.

Tanda kedua adalah adanya serbuk kayu, karena rayap memakan kayu dan meninggalkannya dalam bentuk serbuk. Kemudian, adanya kayu yang keropos juga menjadi tanda keberadaan rayap. Basmilah rayap di tempat yang memiliki tanda-tanda tersebut.

Membasmi dengan Cara Alami
Setelah diketahui di mana keberadaannya, cara membasmi rayap di rumah bisa dilakukan dengan alami. Pertama, Anda bisa menggunakan air tembakau. Caranya cukup mudah, sebelumnya Anda diharuskan merendam tembakau tersebut semalaman. Ini bertujuan untuk mengeluarkan sari di dalam tembakau tersebut. Esoknya, gunakan air tembakau ini untuk menyemprot kawanan rayap.

Kedua, Anda bisa juga membasmi rayap dengan garam. Cukup tabur-taburkan saja garam di tempat rayap berada atau sarangnya. Akan lebih ampuh jika garam ini dicampur dengan air tembakau tadi. Anda juga bisa menggunakan air cucian beras, minyak tanah, dan air kapur sirih. Cukup disemprotkan saja ke tempat rayap bersarang. Lakukan terus menerus dan rayap pun akan hilang.

Membasmi dengan Obat Kimia
Cara membasmi rayap di rumah selanjutnya, tentu saja bisa dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Anda bisa mencoba insektisida atau busa racun untuk mengusir kawanan rayap. Kedua obat ini ampuh sekali untuk membasmi rayap, bahkan sampai ke akar-akarnya. Namun, Anda perlu mengetahui juga berbagai efek samping dari penggunaan bahan kimia ini. Jika masih ragu, sebaiknya Anda mengundang jasa anti rayap untuk mengusir rayap-rayap tersebut.

Demikian cara membasmi rayap di rumah yang bisa dicoba, semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 comments