Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Menjenguk Bayi Baru Lahir

by - 12:35 PM

Bayi Baru Lahir

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Menjenguk Bayi Baru Lahir - Senangnya ketika mendapat kabar bahagia dari orang-orang terdekat tentang kelahiran bayinya. Kebiasaan orang kita ketika mendengar berita kelahiran bayi adalah ingin segera menjenguknya. Tidak ada yang salah, karena kebiasaan tersebut merupakan salah satu bentuk menjalin hubungan baik atau silturrahmi dengan orang-orang terdekat.

Kita semua tahu, kondisi bayi baru lahir itu sangatlah sensitif. Berhadapan dengan banyak orang baru, sentuhan atau kontak fisik orang-orang dari luar bisa saja mengganggu kesehatannya. Bukan hanya itu, kondisi ibu yang baru melahirkan juga masih belum stabil karena masih dalam masa pasca persalinan.

Saya pribadi, ya, kurang nyaman jika dikunjungi banyak orang pada minggu pertama kelahiran. Secara saya kan sesar, jadi butuh waktu untuk nyaman dengan diri sendiri lebih dulu. Misalnya, sudah bisa membersihkan diri dengan baik (pasca operasi kan belum bisa langsung mandi dengan sempurna), beri waktu untuk memulihkan bekas operasi yang masih cekit-cekit dan lain-lain sebagainya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menjenguk bayi baru lahir agar semua pihak merasa nyaman. Tamu datang dengan nyaman, si ibu juga bisa menyambut tamu dengan nyaman. Berikut penjelasannya, ya..

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjenguk Bayi Baru Lahir


1. Tidak datang ketika dalam kondisi kurang sehat

Kondisi bayi baru lahir sangat sensitif, imun tubuhnya juga belum sempurna melawan virus dan bakteri yang membawa penyakit. Jangan memaksakan diri untuk datang menjenguk bayi ketika kita dalam konsisi kurang sehat atau sakit. Lebih baik ditunda dan tunggu tubuh kita sehat lebih dulu, barulah kita datang menjenguk bayi.

2. Memberi kabar sebelum datang

Ibu yang baru melahirkan pasti butuh waktu menyesuaikan diri dengan bayinya dan dengan kondisinya saat ini. Memberi kabar sebelum datang itu penting, agar kita tahu kapan waktu-waktu yang tepat untuk bisa berkunjung. Jangan sampai, kedatangan kita malah mengganggu waktu istirahat si ibu maupun bayinya. Ngurus bayi itu 24 jam, lho, bahkan di waktu tengah malam sekalipun.

3. Cuci tangan sebelum mendekati bayi

Jangan lupa mencuci tangan kita sebelum mendekati area bayi atau sekedar membasuh tangan kita menggunakan hand sanitizer. Kebiasaan ini sebagai salah satu ikhtiar kita untuk menjaga bayi dari paparan kuman, bakteri atau virus yang kita bawa dari luar. Kuman itu tidak terlihat, lho, meskipun tangan kita terlihat bersih.

4. Izin sebelum menggendong

Sering kali kita jumpai orang-orang yang terlalu excited dengan seorang bayi baru lahir sehingga ingin langsung menggendongnya. Alangkah baiknya kita izin dulu kepada si ibu sebelum menggendong bayinya. Langkah ini memperlihatkan sikap kita yang menghargai dan menjaga sopan santun termasuk saat menjenguk bayi baru lahir.

5. Hindari kontak fisik langsung dengan wajah bayi

Setelah mendapat izin untuk menggendong bayi, jaga kontak fisik langsung antara kita dengan bayi. Misalnya, hindari memegang hidungnya, memegang pipinya atau mencium wajahnya. Bayi itu makhluk yang masih sangat sensitif, lho, bukan boneka yang bebas dicium-cium, diuwel-uwel, disentuh-sentuh bagian wajahnya sesuka hati kita.

Banyak kasus wajah bayi teriritasi karena sentuhan-sentuhan yang sembarangan, kita nggak tahu seberapa sensitifnya kulit si bayi. Ada bayi yang memang mempunyai kulit yang sangat amat sensitif. Kasihan bayi dan ibunya, kan, kalau sampai kenapa-napa.

6. Hindari komentar negatif tentang ibu dan bayi

"Makin gemuk aja ya setelah lahiran",
"Kok bayinya kuning, sih?",
"ASInya kurang, tuh, bayinya nggak puas,"
"Putingnya nggak ada, ya? Bayinya kesulitan nyusu,"

Ahh, banyak lagi! Sedih kalau dengar komentar seperti itu. Berkomentarlah yang baik, positif dan membangun percaya diri si ibu bayi. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama si ibu mempunyai bayi, pasti masih dalam proses beradaptasi, termasuk dengan proses menyusuinya. Hindarilah komentar negatif yang bisa meruntuhkan semangat perjuangan si ibu. Lebih baik diberikan kata-kata semangat dan motivasi agar tetap semangat berjuang mengASIhi bayi dan juga mendoakan ibu dan bayi agar senantiasa diberi kesehatan selalu.

---

Nah, itu dia 6 hal yang harus kita perhatikan sebelum menjenguk bayi baru lahir. Jangan lupa diterapkan, ya, agar semua pihak tetap merasa nyaman. Betapa indahnya hidup kita jika kita saling menghargai sesama, menjaga sopan santun, serta menjalankan adab-adab yang baik termasuk ketika menjenguk bayi baru lahir.

Semoga bermanfaat, ya...

You May Also Like

0 comments