Ucapan 'Insya Allah' bukanlah Basa-Basi!

by - 1:20 PM

Insya Allah ..
Insya Allah ..
Insya Allah, you'll find the way ..

Begitulah sedikit kutipan lagu Insya Allah yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Swedia, Maher Zain. Sebelumnya mari kita bahas mengenai arti dari kata Insya Allah. Insya Allah yaitu berarti jika Allah mengizinkan. Sungguh memiliki arti yang sangat dalam karena ini mengatasnamakan Allah. Menggunakan kata 'Insya Allah' pada saat kita hendak memenuhi satu janji dan kita yakin akan memenuhi janji tersebut, terlepas dari itu semua takdir yang akan terjadi kita serahkan seluruhnya pada Allah, jika Allah mengizinkan. Karena hanya Dia-lah penulis skenario kehidupan kita. Banyak cerita di kehidupan  kita yang menggunakan kata 'Insya Allah'.
Ada diantara kita yang sungguh-sungguh mengucapkannya, dan ada juga diantara kita menjadikan itu ucapan untuk berbasa-basi. Begitulah kita, manusia, yang tak akan pernah sekalipun mencapai sempurna.

Hal-hal yang dapat diberlakukan untuk menggunakan kata ini, yaitu jika di dalam hati kita sungguh-sungguh  ingin menepati suatu janji, kemudian mengucapkan Insya Allah. Ternyata kenyataannya kita tidak dapat memenuhi janji tersebut karena sebab-sebab yang datang dari Allah seperti sakit, kecelakaan, musibah, dan lain sebagainya. Saat itu, 'Insya Allah' yang diucapkan dapat berfungsi dengan baik. Namun lain halnya jika kita mengucapkan Insya Allah tetapi di dalam hati kita malas untuk memenuhi janji tersebut, itu berarti kata 'Insya Allah' hanyalah sebuah basa-basi belaka.

"Jadi besok datang ke rumah?"
'Insya Allah, jadi ..'
"Jangan bilang Insya Allah, aku maunya janji yang serius.."

Terlalu sering 'Insya Allah' dijadikan bahan basa-basi oleh kita, maka akan kita temui kejadian seperti percakapan di atas. Menganggap bahwa ucapan 'Insya Allah' bukanlah janji yang serius, alias basa-basi.
Mulai dari sekarang mari kita pahami betul makna dari 'Insya Allah' dalam lisan atau perkataan kita sehari-hari. Sesungguhnya anjuran mengucapkan 'Insya Allah' telah tertulis di surat cinta-Nya.

"Dan janganlah kamu mengatakan terhadap sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhan-Mu jika kamu lupa dan katakanlah "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini." (Q.S Al-Kahfi 18: 24)

Sebutlah nama-Nya kapanpun, dengan baik, dari hati, INSYA ALLAH akan kita temukan keberkahan dari-Nya. Amin..

You May Also Like

0 comments