Kenali 5 Bahasa Kasih, Bahagiakan Pasangan Dengan Cara Yang Tepat

by - 6:53 AM

Quality time bersama pasangan. Photo by @banqchi.

Pernah berada di posisi hambar dengan pasangan? Kita merasa sudah melakukan apapun untuk membahagiakannya, tapi tetap saja terasa datar. Mungkin begitu pula yang terjadi pada pasangan kita, sesungguhnya ia telah melakukan suatu hal untuk membahagiakan kita, tapi kita masih saja merasa hambar. Ya, mungkin kita harus kenali dulu 5 bahasa kasih agar kita dapat membahagiakan pasangan dengan cara yang tepat.

Tidak nyambung, mungkin dua kata ini yang tepat menggambarkan kondisi pasangan yang sama-sama tidak mengerti apa itu bahasa kasih dan seperti apa bahasa kasih yang dibutuhkan oleh pasangan kita. Sini, duduk manis sambil membaca tulisan ini, kita coba kenali apa saja 5 bahasa kasih menurut Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Five Love Languages".

Dr. Gary Chapman mengatakan di dalam bukunya, bahwa ada 5 bahasa kasih dalam mengungkapkan perasaan kita terhadap orang yang kita cintai. Tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengungkapkan perasaannya, dan tiap orang mempunyai keinginan yang berbeda pula dalam menerima ungkapan perasaan dari pasangannya. 

Apa saja 5 bahasa kasih tersebut? Yuk, disimak dengan seksama dan amati bahasa kasih mana yang paling Anda harapkan dari pasangan.

1. Kata Cinta (Words of Affirmation)

Mengharapkan ungkapan berisi kata-kata cinta, kata-kata pujian, sanjungan, dan sejenisnya dari pasangan. Bagi sebagian orang, ia akan merasa dicintai oleh pasangannya jika pasangannya berkata, "Masakan kamu enak banget, aku suka. Terima kasih, Sayang."; "Sayang, jangan tidur terlalu malam, aku nggak mau kamu sakit."; "Aku sayang kamu, baik-baik, ya."; dan lain sebagainya.

Tapi jangan salah, tipe orang yang suka dengan kata-kata ini peka terhadap kata-kata yang palsu, lho. Dia bisa membaca mana kata-kata/ungkapan yang tulus dan modus.

2. Waktu Berkualitas (Quality Time)

Seseorang yang menginkan waktu berkualitas dengan pasangan biasanya tidak ingin ada gangguan apapun ketika sedang berdua. Misalnya, tidak sambil bergadget ria, tidak sambil bekerja, tidak sambil melakukan aktifitas lain ketika sedang berdua. Apalah artinya makan malam berdua, jika pasangan sibuk dan asyik sendiri dengan gadget dan tontonan di Youtube-nya?

3. Hadiah (Receiving Gifts)

Siapa yang sangat suka diberikan hadiah? Hadiah tidak harus mahal, namun berkesan, apalagi jika diberi sedikit manisnya kejutan. Biasanya, hadiah ini adalah sesuatu yang dinantikan di moment-moment yang spesial. Meskipun hadiah bukanlah segalanya, tapi hadiah adalah bumbu penyedap yang mampu menambah rasa bahagia dan rasa cinta kepada pasangan.

4. Melayani (Act of Service)

Bahagianya ketika mendapatkan pelayanan dari orang yang kita cintai. Pijatan lembut, bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, hidangan yang lezat, dan bentuk pelayanan lainnya. Melihat pasangan yang berusaha melakukan sesuatu untuk kita itu sangat membahagiakan dan membuat kita merasa sangat dicintai.

5. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Nah, ini bahasa kasih paling tinggi. Siapa sih yang tidak senang mendapat sentuhan fisik dari pasangannya? Sangat menenangkan ketika mendapat sebuah pelukan dan "puk-pukan" lembut ketika kita sedih, bahagia ketika berjalan sambil bergandengan tangan, kepala yang diusap, dan sentuhan-sentuhan fisik lainnya.


Itu dia 5 bahasa kasih menurut Dr. Gary Chapman, yang manakah bahasa kasih yang paling Anda harapkan dari pasangan? Dan yang manakah kira-kira bahasa kasih yang pasangan Anda harapkan? Bisa jadi selama ini bahasa kasih yang Anda pasangan berikan masih kurang tepat. Anda inginkan waktu berkualitas, tapi pasangan selalu berikan hadiah. Hadiah tanpa waktu yang berkualitas dari pasangan, tetap saja itu akan terasa hambar.

Nah, jangan ragu untuk membagikan tulisan ini kepada pasangan Anda, dan bicarakan bahasa kasih yang Anda dan pasangan harapkan. Kenali dan pahami bahasa kasih Anda dan pasangan agar bisa saling membahagiakan dengan cara yang tepat.

You May Also Like

6 comments

  1. Kalo aku sih tiap hari dia bilang love u aja dah senang x pun..heheh rasanya senang aja digombalin ama pasangan sendiri :)

    ReplyDelete
  2. wah makaih banyak mbak. aku salah satu orang yang gak peka urusan yang beginian. setidaknya baca tulisan ini aku bisa mengerti. entar kalau ada pasangan aku coba dipraktekkan dah.

    ReplyDelete
  3. Gagasannya bagus ya, nambah lagi wawasan, tahu lebih banyak lagi tentang bahasa dunia persilatan...

    Manakah bahasa kasih yang paling Anda harapkan dari pasangan?, kalau ibu-ibu sudah pasti mau semuanya.hehe

    ReplyDelete
  4. klu saya yang suka gombalin laki hahaha
    malah dia kadang eneg liat rayuan saya hahaha
    tapi cuek aja..maklum dah tahu sifat masing masing
    malah kadang jd lucu lucuan

    ReplyDelete
  5. Dari 5 poin di atas, poin 3 paling jarang dilakukan my hubby... hahahaha memang dia gak biasa ngasih-ngasih ala romantis gitu kali ya... Bukan pelit sih, kalau ditanya pasti jawabnya, gak tahu harus ngasih apa (termasuk saat istrinya ultah) takut yang barang yang dikasih gak disukai jadi sia-sia....Tapi untuk poin-poin yang lain jangan ditanya, top bgt deh...

    ReplyDelete