Wajib Coba! Sop Kambing Pak Kun, Cita Rasa Ala Rumahan

by - 11:46 PM

Sop Kambing Pak Kun
Hallo, para pecinta Kuliner Kota Batam! Siapa yang suka makan kambing? Atau siapa yang pengen makan kambing tapi ragu untuk memakannya? Ada tempat makan baru di kawasan Batam Centre yang kalian wajib coba, Sop Kambing Pak Kun, cita rasa ala rumahan. Bagi yang ragu makan daging kambing, boleh coba dulu sop kambing ini, keraguan kalian akan sirna.


Kenapa saya bilang cita rasa ala rumahan? Ya, karena memang sop kambingnya seperti sop kambing rumahan yang dimasak sepenuh hati. Bumbunya nggak pelit, pemilihan sayuran dan kambingnya juga dipilih dengan baik dan segar pastinya.

Kak Susan (kiri) & Pak Kun (kanan).
Sop Kambing Pak Kun ini dibuka pada tanggal 26 Oktober 2018, sekitar dua minggu yang lalu. Resep asli berawal dari Pak Kun dan diturunkan ke putrinya, Kak Susan. Mereka ingin menyajikan makanan yang sehat, tanpa penguat rasa seperti MSG/micin. Sehat dan alami dari sayuran dan rempah pilihan.


Baiklah, berikutnya saya akan coba review beberapa menu yang sudah saya cicipi (bukan cicip, tapi habiskan).

Sop Kambing Pak Kun


Saya memesan beberapa menu yang ada di sana, salah satunya adalah Sop Kambing Pak Kun. Sop kambingnya wangi menggugah selera, tidak ada bau kambing, kuahnya gurih alami, daging kambingnya lembut (dimasak kurang lebih 6 jam), tidak berminyak dan tidak berlemak. Terbukti, setelah saya khilaf menghabiskan satu mangkok sop kambingnya tanpa sisa, tidak ada lemak atau minyak yang menempel di mulut saya.

Kita bisa memesan sop kambing daging, sop tulang kambing, atau sop kambing campur daging dan tulang. Saya pesan yang campur dan itu habis tak tersisa! Sangat pas disantap selagi hangat bersama nasi panas dan kerupuk emping sebagai pelengkap. Nikmat yang haqiqi!

Signature Chicken & Tumis Toge

Signature chicken (kiri) & tumis tauge (kanan).
Lucu, ya, namanya signature chicken. Hehehe. Ini juga menu favorit saya di Sop Kambing Pak Kun. Ayam fillet ini teksturnya lembut banget. Padahal ini ayam bagian dada, lho. Saya kurang suka bagian dada karena biasanya teksturnya berserat, nah, signature chicken ini beda menurut saya!

Signature chicken ini menjadi menu pilihan jika kita tidak suka kambing. Biasanya anak-anak kan lebih doyan daging ayam dari pada daging lainnya. Untuk rasanya, ya jelas enak, bumbu ayamnya berasa dan tidak pedas. Aal dan Maryam suka sekali!

Maryam makan signature chicken dan menyuapi Abinya.
Nah, untuk tumis tauge, rasanya mirip seperti yang saya masak di rumah (maaf kalau saya kepedean). Enak, rasanya pas, cocok dimakan  bersama signature chicken dan nasi panas.

Minuman Unik, Kamquat


Saya baru pertama kali minum kamquat. Kamquat ini air jeruk (jeruk Cina yang kecil, banyak ditemui saat Imlek) dan dicampur dengan rendaman somboi (manisan buah). Bisa bayangkan bagaimana rasanya? Syegerrr!

Katanya, kalau kita merasa mual atau mabuk di perjalanan, minum kamquat bisa jadi solusi. "Mual? Minum kamquat..." Udah berasa iklan, belum?


Tidak banyak variasi menu di Sop Kambing Pak Kun, itu karena mereka memang ingin mengangkat sop kambingnya menjadi menu spesial. Tapi dalam waktu dekat, mereka akan menambah satu menu lagi, yaitu nasi goreng kambing yang tidak kalah spesial. Ah, penasaran!

Untuk soal harga, menurut saya harga sop kambingnya cukup murah. Hanya Rp33.500 saja, kita bisa menikmati sop kambing spesial cita rasa ala rumahan di Sop Kambing Pak Kun. Dalam waktu dekat ini, kita juga bisa order melalui Go food dan Grab Food. Jadi tenang, tetap bisa makan enak walaupun mager. Hehehe.


Tempatnya juga asyik, nyaman dan bersih. Yuk lah, coba ke sini dan nikmati Sop Kambing Pak Kun!

Sop Kambing Pak Kun
(Halal)

Alamat: Greendland blok A no 11 batam center, Jl. Raja M Tahir, Tlk. Tering, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444
(Search di google map Sop Kambing Pak Kun)
No Telp 0819-2710-0991

Instagram @sopkambingpakkun

You May Also Like

14 comments

  1. Salah satu kelemahan dan ketidaksukaan saya dalam makan SOP adalah minyak/lemak...tapi di tempat makan ini tidak berbekas di mulut..

    Cukup unik untuk dicoba, dan membuat penasaran..

    ReplyDelete
  2. Bikin greget. Kepengeeeeennnn nyicip sop kambingnya. Apalagi aku gak punya pantangan makan. Hehehe. Enak kali kalo dicobain. Tapi jauhh meski ke Batama. Moga next time kesampaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg next time ada kesempatan untuk nyicip sop kambing pak kun ini ya, kk...

      Delete
  3. Aku termasuk orang yang gak terlalu suka makan daging kambing sih kak, karena kadang gak kuat sama bau mbekknya. Tapi dari ulasan di sini kayanya enakkkk yah sopnya. Boleh deh sekali kali dijadiin rekomendasi makanan di kala hujan. Thanks infonya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa org malah nggak sadar kalau dia makan kambing, kak. Saking nggak kerasa aroma mbeknyaaa...

      Delete
  4. Eaaa...yang doyan kambing...sampai ludes ya makannya...hahha

    ReplyDelete
  5. Kapan kita bawa keluarga ke sini yuks... untuk anak-anak juga OK tu sop kambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk lah mbaakk.. anak2ku suka signature chickennya

      Delete
  6. Haduh ini menu favorit aku banget. Sayang nggak bisa datang karena lagi arisan keluarga. Kapan-kapan Insya Allah mampir ke sana.

    ReplyDelete
  7. Eke baca blog post ini sambil ngepel lantai, basah semua gara-gara netes soalnya, huehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa.. aku jg sering koko buat nceeess gara2 batamdine, wkwk....

      Delete