Mengintip Negara Tetangga Dari Menara Jabal Arafah Batam

by - 3:17 PM


Mengintip Negara Tetangga Dari Menara Jabal Arafah Batam - Masjid Jabal Arafah Batam merupakan salah satu masjid besar dan unik yang menjadi favorit di Kota Batam. Lokasinya di Lubuk Baja / Nagoya, berdekatan dengan Nagoya Hill Shopping Mall Batam. Selain menjadi tempat beribadah umat Islam, Masjid Jabal Arafah juga bisa menjadi tempat wisata bagi kalian yang ingin melihat pemandangan Nagoya dan Sei Jodoh dari ketinggian Menara Jabal Arafah (MJA). Bahkan jika cuaca cerah dan tidak diliputi awan, kita bisa melihat jelas negara tetangga, Singapura.

Image source: masjidjabalarafah.com
Jika ingin naik ke Menara Jabal Arafah, kita harus turun tangga dari arah tempat sholat. Dari atas tangga akan terlihat suasana di lantai bawah, ada kolam ikan dengan air mancurnya, cafe dan butik yang menjual pakaian muslim dan cindera mata. Asyik juga jadi tempat nongkrong sembari menunggu waktu sholat tiba, tak heran Masjid Jabal Arafah menjadi masjid favorit di Batam.

Photo by ceritaumi.com
Lift untuk menaiki Menara Jabal Arafah ada di antara cafe dan butik. Terpampang tulisan "Ticket Infaq" di dinding sebelah pintu masuk lift. Harga tiketnya juga nggak mahal, Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Menara ini mencapai ketinggian 36 meter dan memiliki 7 lantai. Untuk bisa menikmati pemandangan, kita bisa menuju ke ruangan di lantai 6 menggunakan lift.

Liftnya tidak besar, hanya muat kurang lebih 5 orang saja. Ya namanya juga lift di menara masjid. Hehehe. Setibanya di lantai 6, saya langsung terkagum-kagum dengan pemandangannya. MasyaAllah. Ruangannya sejuk berAC, sekeliling ruangan berdinding kaca, jadi kita bisa melihat pemandangan Nagoya dan Jodoh dari segala penjuru, terdapat meja kayu yang menempel di dindingnya, dilengkapi juga dengan kursi untuk kita duduk santai menikmati pemandangan. Enak
 banget nih duduk di sini sambil merenung, kita juga bisa memotret pemandangan dan berfoto ria, ada photobooth bergambar Masjid Jabal Arafah.

Photo by ceritaumi.com
Seperti ada yang kurang, dulu ada beberapa teropong yang menempel di meja, tapi sayang sekarang sudah tidak ada lagi. Padahal seru banget kalau ada teropong, kita bisa melihat pemandangan yang jauh supaya terlihat lebih dekat.

Alhamdulillah, cuaca cerah tanpa awan ketika saya sedang berada di sana. Jadi saya bisa mengintip negara tetangga dari Menara Jabal Arafah ini. Jelas terlihat gedung-gedung tinggi yang berjejer di pinggiran Singapura. Kebanyakan wisatawan yang berasal dari luar kota biasanya mengharapkan pemandangan Singapura yang terlihat dari Batam seperti ini. Ya, lumayan bisa ngintip dulu ya sebelum menginjakkan kaki langsung kesana, kan.. Hehehe.

Photo by ceritaumi.com
Nah, inilah dia Menara Jabal Arafah yang bisa kalian jadikan salah satu destinasi saat membawa keluarga atau saudara dari luar kota untuk menikmati sedikit pemandangan kota Batam plus negara tetangga, Singapura.

Ingat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada, ya.. :)

You May Also Like

0 comments