Mengetahui Peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan

by - 10:42 AM

Peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mengetahui Peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan - Apapun jurusan kuliah yang diambil pada saat kuliah, tentunya setiap orang berharap jurusan tersebut memiliki peluang pekerjaan yang bagus. Begitu pula untuk jurusan ilmu perpustakaan ini. Jurusan yang sepi peminat dengan alasan peluang pekerjaan yang tidak menjanjikan. Padahal, jika diteliti lagi ada banyak peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan yang menjanjikan untuk dipilih sesuai kemampuan.

Pasti Anda mengira peluang pekerjaan untuk jurusan ilmu perpustakaan hanyalah menjadi seorang penjaga perpustakaan yang duduk dan menunggu buku-buku. Tapi siapa sangka, ada banyak peluang pekerjaan yang bisa Anda tempati loh ! Ya, di era modern seperti sekarang kebutuhan akan orang dengan jurusan ilmu perpustakaan memang semakin meningkat.

Meningkatnya kebutuhan akan jurusan ilmu perpustakaan pastinya disertai dengan berbagai alasan yang mendasar. Salah satunya adalah setiap perusahaan pasti memiliki data atau arsip yang perlu dikelola. Sehingga diperlukan tenaga ahli yang memiliki pemahaman tentang data atau arsip tersebut. Dalam hal ini, jurusan ilmu perpustakaan yang sudah memahami tentang kearsipan data sangat dibutuhkan.

Jenis Pekerjaan Yang Berpeluang Besar Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan


Kebutuhan akan pengelolaan data tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan kecil saja, perusahaan besar juga membutuhkannya. Bahkan seperti perusahaan instansi swasta dan instansi pemerintah juga memerlukan orang yang ahli dalam melakukan entri data dan pengelolaan arsip. Jadi bagi Anda lulusan ilmu perpustakaan, tidak perlu khawatir untuk pekerjaan yang akan Anda dapatkan. Peluang besar sedang menanti Anda.

Beberapa peluang yang bisa Anda tempati untuk jurusan ilmu perpustakaan adalah sebagai berikut :

1. Pustakawan Nasional
Lulusan jurusan ilmu perpustakaan memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang pustakawan nasional. Menjadi seorang pustakawan memang membutuhkan minat dan passion yang tinggi terhadap buku. Tapi kalau Kamu suka membaca, Kamu memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi seorang pustakawan nasional.

2. Staf Administrasi Atau Tata Usaha
Kamu yang ingin menjadi bagian dari sekolah juga bisa menjadi seorang staf administrasi dan kearsipan di lembaga sekolah atau Tata Usaha. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang lulus jurusan ini, karena kamu akan mengurus berbagai arsip dan data sekolah.

3. Pegawai BUMN Atau BUMD
Peluangkerja ilmu perpustakaan tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab kamu bisa menjadi bagian dari BUMN ataupun pegawai BUMD. Kamu bisa menempati salah satu bagian dari perusahaan di BUMN dan perusahaan di BUMD yang pastinya memberikan gaji besar untuk kamu.

4. Sekretaris Redaksi Penerbitan
Masih tentang dunia buku, Kamu juga berkesempatan untuk menjadi seorang sekretaris redaksi di perusahaan ternama. Tugasnya hanyalah mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis dan lain-lain.

5. Pengusaha
Lulusan ilmu perpustakaan juga memiliki peluang yang sama untuk menjadi seorang pengusaha loh. Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang telah Kamu kuasai di dalam materi perkuliahanmu.

Bagaimana Persaingan Untuk Mendapatkan Peluang Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Bidang pekerjaan apapun pasti memiliki persaingan yang cukup besar untuk mendapatkannya. Tapi jika Anda bersungguh-sungguh untuk mempelajari semua materi yang diberikan saat kuliah, maka Anda memiliki peluang yang lebih besar. Karena Anda bisa memahami berbagai materi dengan baik, Anda bisa memahami apa saja yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut, hingga kerjanya. Secara umum, memiliki peluang yang sama besar bagi Anda.

Jadi, manfaatkan peluang pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang besar ini. Jangan ragu untuk memilih jurusan ilmu perpustakaan di kuliah Anda.

You May Also Like

0 comments