Resep Sop Sayur Udang Menggunakan Rice Cooker

by - 4:26 PM


Resep Sop Sayur Udang Menggunakan Rice Cooker - Ini adalah hari kedua saya terancam libur masak akibat kompor gas yang macet. Saya juga kurang tahu, apa masalahnya di kompor, atau di gasnya, atau di selang gasnya. Yang jelas, saya nikmati dulu dapur libur ngebul selama beberapa waktu. Hehehe.

Tapi lama-lama saya nggak betah juga kalau nggak masak. Selain menghemat, makanan beli itu tidak selalu memuaskan warga kampung tengah alias isi di dalam perut saya. Hehehe.

Akhirnya, saya putar otak bagaimana caranya agar saya tetap bisa masak dan makan masakan rumah. Yess! Saya punya ide untuk masak menggunakan rice cooker. Saya pun mencoba gooling dan membaca pengalaman orang-orang yang pernah masak menggunakan rice cooker.

SOP. Ini dia menu paling cocok dan pas untuk dimasak menggunakan rice cooker. Ya iyalah, kan tinggal rebus-rebus dan cemplung-cemplung..

Saya bongkar kulkas dan siapkan bahan-bahan yang ada. And lets try "Sop Sayur Udang" menggunakan rice cooker!!!


Bahan-Bahan:
- Udang
- 2 Wortel potong dadu
- Segenggam buncis potong seruas jari
- 1 kentang potong dadu
- 1 daun bawang dipotong/diiris
- 2 batang seledri dipotong/diiris
- 4 siung bawang merah iris
- 3 siung bawang putih iris
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk (boleh yang pake msg atau yang tidak pakai msg, bebas)
- Lada putih bubuk
- Air secukupnya

Bahan-bahan bisa divariasikan sesuai dengan isi kulkas masing-masing, ya. Kalau ada kol, brokoli, dan lainnya juga bisa dimasukkan sekalian biar lebih rame sop sayurnya. Hehe.

Setelah bahan siap, kita siapkan rice cookernya dan jangan lupa dicolokin listriknya, ya!

Cara membuat:
1. Masukkan air ke dalam panci rice cooker, stel rice cooker ke mode "cook" dan tunggu sampai agak mendidih, kurang lebih 15 menit.
2. Masukkan bawang merah dan bawang putih, udang, kentang, wortel dan juga buncis yang sudah disiapkan tadi.
3. Diamkan lagi selama kurang lebih 10 menit agar sayur-sayurannya empuk. Jangan terlalu lama mendiamkannya karena percayalah, didiamkan itu nggak enak, lho! Maaf, malah curhat.
4. Masukkan garam, kaldu bubuk dan lada putih bubuk secukupnya.
5. Masukkan juga daun bawang dan seledri.
6. Diamkan kembali setelah kurang lebih 5 menit, lalu koreksi rasa.
7. Jika rasa sudah pas dan bahan-bahan matang dengan sempurna, matikan rice coooker dengan memindahkan stelannya dari "cook" ke mode "warm".
8. Sop siap disajikan dan dimakan dengan nasi putih hangat.

By the way, jangan lupa memasak nasi putih dulu sebelum memasak sop, ya. Kan nggak lucu, sop sudah siap dan wanginya semerbak kemana-mana, tapi nasi putih belum tersedia.

Masak nasi lebih dulu, lalu sajikan ke wadahnya. Baru, deh, masak sopnya..

Alhamdulillah sopnya enak dan segar. Saya makannya ditambah sedikit taburan bon cabe, biar ada rasa pedas-pedasnya gitu.. 

Nah, begitulah resep sop sayur udang menggunakan rice cooker ala saya, Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan ya...

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi ya, teman-teman.. Karena makan makanan sehat dan bergizi adalah salah satu ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir... :)

You May Also Like

0 comments